Kamis, 16 April 2015

8 Cara Mengatasi Insomnia / Susah Tidur

 
                             



1. Hindari Cahaya Saat Tidur
Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.
Tips: Matikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum tidur. Tutupi dengan kain gelap semua peralatan sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan.

2. Hindari Kafein

Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

3. Olahraga Teratur

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energi yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.

4. Jangan Merokok

Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat Anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.
Tips: Untuk mempermudah rencana berhenti merokok Anda, Anda akan tidur sedikit lebih baik jika Anda merokok lebih sedikit dari biasanya dan telah berhenti melakukannya selama paling tidak empat jam sebelum Anda pergi tidur.

5. Hindari Minuman Beralkohol
Batasi diri untuk mengonsumsi wine atau koktail. Walaupun alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, namun alkohol tidak bisa memberi Anda tidur yang nyenyak.
Ingat, alkohol bukanlah cara yang baik untuk mengatasi insomnia, alkohol justru malah menambah masalah.

6. Hindari Situasi Stres Di Malam Hari
Bagi kebanyakan orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Mulailah membuat perubahan gaya hidup dan mengambil waktu untuk merencanakan agenda harian Anda sehingga potensi stres berkurang dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih awal.
Lebih cepat tugas selesai maka Anda memiliki lebih banyak untuk beristirahat. Salah satu cara terbaik untuk mengobati insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang jernih dan tenang. Hindari menjejali pikiran dengan masalah keluarga atau pekerjaan.

7. Singkirkan Gadget Dari Tempat Tidur
Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.

8. Bersihkan Kamar
Cobalah membuat suasana kamar lebih nyaman. Biasanya kebersihan kamar sangat memengaruhi kenyamanan tidur Anda. Ganti seprai seminggu sekali, dilarang membawa makanan ke kamar, sapu lantai kamar setiap hari, dan pasang pengharum ruangan mungkin akan membantu Anda tidur lebih mudah.


Itulah cara-cara mengatasi insomnia, semoga informasi ini bermanfaat dan bagi anda yang memiliki kebiasaan insomnia, agar segera sembuh.

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar